Onboarding Xendit

Onboarding Xendit

Introduction

Karena infinID bertanggung jawab untuk memberikan seluruh data-data pada proses Servicing, infinID bekerja sama dengan Xendit sebagai payment gateway provider untuk memudahkan Customer dalam proses pembayaran (repayment) melalui mobile app infinID. Dari proses ini, diharapkan setiap pembayaran yang dilakukan oleh Customer akan langsung meng-notifikasi sistem infinID dan mengupdate mutasi pinjaman dari Customer.
Tim infinID akan membantu proses pendaftaran Mitra LJK di platform Xendit dengan melakukan proses eKYC untuk verifikasi. infinID membutuhkan 1 email PIC dari Mitra LJK yang akan didaftarkan sebagai PIC untuk me-manage sub merchant di platform Xendit https://dashboard.xendit.co/login.
Diharapkan dari Mitra LJK untuk menyiapkan beberapa data-data yang digunakan untuk proses registrasi dan eKYC, diantaranya; Data PIC, data direktur, dan data legal perusahaan. Setelah pendaftaran selesai, tim Xendit akan melalukan review dan approval. Setelah disetujui, Mitra LJK akan melakukan tanda tangan digital PKS dengan Xendit.

Proses Pendaftaran dan Aktivasi

  1. Mendapatkan undangan pembuatan akun dari infinID. Pihak infinID akan mengundang Mitra LJK melalui email PIC yang ditunjuk oleh Mitra LJK terkait. Undangan pembuatan akun tersebut bisa diakses melalui Email


  2. Masukkan email dan kata sandi yang akan menjadi akses Dashboard.


  3. Masukkan OTP yang diberikan melalui email.


  4. Masukkan lokasi dari Mitra LJK.


  5. Masukkan entitas dari perusahaan.


  6. Masukkan industri dari perusahaan.


  7. Masukkan jumlah karyawan dari perusahaan.


  8. Masukkan role dari PIC yang terdaftar.


  9. Masukkan perkiraan range jumlah transaksi per bulan.


  10. Masukkan rencana perusahaan dalam menggunakan Xendit sebagai Payment Gateway, Mitra LJK bisa memilih opsi: Accept payments via payment links.


  11. Jika Mitra LJK memiliki website, bisa memberikan link website.


  12. Masukkan no. HP dari PIC Mitra LJK.


  13. Proses registrasi selesai, Mitra LJK. bisa lanjut ke proses aktivasi akun.


  14. Mitra LJK bisa melihat panduan pengumpulan dokumen proses aktivasi, mulai dari Logo, bukti nyata bisnis (website, foto kantor, dll), NIB / SIU, Akta pendirian perusahaan, SK menkeh dari Akta Pendirian, NPWP perusahaan
     |

  15. Di tahap 1, Mitra LJK diharuskan untuk melengkapi beberapa data-data yang diminta, diantaranya: Logo bisnis, nama legal perusahaan, deskripsi perusahaan, alamat perusahaan.

  16. Di tahap 2, Mitra LJk diharuskan untuk melengkapi beberapa data-data yang diminta: Kewarganegaraan Direktur, nama lengkap sesuai KTP direktur, email direktur, no. HP Direktur, no. KTP direktur, foto KTP direktur, no. NPWP direktur.


  17. Di tahap 3, Mitra LJK diharuskan untuk melengkapi beberapa data-data yang diminta: Nomor Induk Berusaha (NIB), dokumen NIB, akta pendirian perusahaan, SK Menkeh dari Akta Pendirian, akta perubahan susunan direksi dan/atau komisaris (jika ada), dokumen NPWP perusahaan, 15 digit angka nomor NPWP Perusahaan, 16 digit angka nomor NPWP Perusahaan, Surat 


  18. Mitra LJK bisa membaca Perjanjian Layanan dan bisa mencentang kotak persetujuan di bagian halaman paling bawah.

  19. Pengajuan Mitra LJK akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Xendit dalam waktu 1-3 hari kerja


  20. Jika akun sudah berhasil diaktivasi, pihak Mitra LJK akan mendapatkan notifikasi Whatsapp. Lalu, dari Xenit akan mengirimkan PKS yang harus di tangan oleh pihak Mitra LJK melalui email Direktur terdaftar

Proses Integrasi Callback Webhook

  1. Mitra LJK bisa mengakses Dashboard Xendit untuk melakukan login dengan credental yang sudah diberikan melalui email


  2. Klik "Webhooks" yang ada pada menu Settings


  3. Klik section Webhooks, lalu "View Webhook Verification Token"


  4. Masukkan password yang terdaftar


  5. Save Webhook verification ok


  6. Maskkan URL API dari infinID untnuk FVA Paid: https://api.infinid.id/lc/api/v1/callback/payment


  7. Maskkan URL API dari infinID untnuk FVA created: https://api.infinid.id/lc/api/v1/callback/virtual-account


Pengaktifan Bank Channel

  1. Ke menu "Payment Channels"


  2. Filter "Virtual Account"



  3. Klik "View Details" untuk Bank yang ingin diaktivasi.


  4. Ke tab "Fixed VA", jika belum diaktivasi maka ada alert kuning yang menginformasikan bahwa VA belum aktif. Harap klik "Please click here" untuk mengaktivasi sampai alert kuning hilang dan field virtual account terisi nominal.


  5. Lakukan ini untuk semua Bank dalam filter "Virtual Account" selain BCA dan BS