Origination

Origination

  Overview : 

      Origination adalah sebutan untuk sekumpulan proses yang perlu dilakukan oleh Mitra LJK sampai dengan akhir yaitu proses pencairan. Pada proses ini, Mitra LJK bisa melakukan analisis dan evaluasi terhadap nasabah sebelum penerbitan Offer Letter.

Berikut merupakan end to end Flow dari origination :
  1. Buka dashboard LJK lalu menuju ke tab "Origination". Maka akan muncul nama debitur yang di-assign oleh infinID untuk diproses pencairan dananya.

 
gambar 1. daftar nama debitur pada tab Origination

  1. Terdapat tiga button pada kolom "action", yaitu button "Detail Customer", "Download Proposal" dan "Detail Pengajuan"

  • Detail Customer : digunakan apabila ingin melihat detail data debitur yang sudah diupload oleh InfinID mulai dari data diri, data penghasilan, data jaminan, hasil survey dan interview, serta hasil memo kredit dari Credit Analyst InfinID.

gambar 2. Button "Detail Customer"

gambar 3. halaman detail customer ketika button "Detail Customer" diklik

  • Download Proposal : digunakan apabila ingin mengunduh proposal pinjaman, contoh proposal pinjaman dapat diakses di link berikut

gambar 4.  Button "Download Proposal"

  • Detail pengajuan : digunakan untuk melihat dan mengubah status debitur apabila LJK sudah membuat keputusan terkait nasabah yang di-assign oleh infinID. Pada kolom status menampilkan status terakhir debitur.

gambar 5.  Button "Detail Pengajuan" dan status terakhir debitur

gambar 6. halaman detail pengajuan ketika button "Detail Pengajuan" diklik

  1. Status pertama pada LJK dashboard adalah "Tunggu Konfirmasi". Setelah klik "Detail Pengajuan" dengan status "Tunggu Konfirmasi", user dapat langsung mengganti status ke "Tunggu Penawaran" dengan klik "Ubah Status" dan pilih "Tunggu penawaran". Setelah itu klik "Simpan" untuk berpindah ke status selanjutnya.

gambar 7. Button "Ubah Status"

gambar 8. Pilih "Tunggu Penawaran" dan klik "Simpan" untuk mengubah status

  1. Status kedua adalah "Tunggu Penawaran lalu pada section "Dokumen Pinjaman" klik "Edit" untuk megisi limit plafon, tenor, dan suku bunga sesuai dengan data. Serta mengupload Offer Letter yang sudah ditandatangani

  • Limit plafon : limit kredit yang akan diberikan kepada debitur

  • Tenor : jangka waktu kredit

  • Suku Bunga : diisi dengan suku bunga tahunan (contoh : 21%)

  • Offer Letter : diupload dengan file pdf

Setelah data diinput, klik "Simpan"


gambar 9. Button "Edit" untuk menginput nilai limit plafon, tenor, interest, dan upload OL

gambar 10. Klik "Simpan" setelah menginput limit plafon, tenor, suku bunga, dan upload SPPFK

  1. Ketika mengubah status ke "Penawaran Terkirim", akan muncul pop up berisi limit plafon, tenor, suku bunga, dan offer letter untuk memastikan kembali sebelum offer letter dikirim ke aplikasi mobile debitur dan status berganti menjadi "Penawaran Terkirim". Klik "Simpan" jika data yang diinput sudah benar.

gambar 11. Pop-up yang muncul ketika mengubah status ke "penawaran terkirim".

  1. Akan kembali muncul pop up untuk proses OL seperti dibawah ini. Klik "Proses OL" jiika data yang diinput sudah benar. Klik "Check Kembali" jika ingin mengecek kembali data dan offer letter.

gambar 12. Pop-up yang muncul setelah klik "Simpan"

  1. Setelah mengubah status menjadi "Penawaran Terkirim", offer letter sudah dikirimkan ke aplikasi mobile debitur dan menunggu debitur untuk menyetujui offer letter tersebut. Setelah debitur menyetujui offer letter, status akan berubah ke "Persiapan Pengikatan" secara otomatis.

  2. Klik "Atur Jadwal" untuk menginput jadwal pengikatan dengan debitur. Setelah menginput alamat dan waktu pengikatan, klik "simpan".



gambar 13. Button "Atur Jadwal" untuk menginput alamat dan waktu pengikatan

gambar 14. Pop-up yang akan muncul setelah klik button "Atur Jadwal". Klik "Simpan" setelah mengisi alamat dan waktu pengikatan

  1. Ubah status menjadi "Menunggu Pencairan". Setelah itu akan muncul pop up untuk mengisi data-data dibawah ini. Klik "Simpan" ketika data sudah diisi.

gambar 15. Pop-up yang akan muncul ketika mengubah status menjadi "Menunggu Pencairan"

  1. Pada status "Menunggu Pencairan", isi detail pinjaman dan upload dokumen penyerta lainnya dengan klik button "edit".  Klik "Simpan" untuk menyimpan data detail pinjaman. Setelah mengisi detail pinjaman, ubah status menjadi "Dicairkan".

gambar 16. Klik button "Edit" untuk mengisi detail pinjaman dan upload dokumen penyerta lainnya

Berikut data-data yang perlu diisi :
  • Tenor : jangka waktu pemberian kredit
  • Bunga : suku bunga tahunan pemberian kredit
  • Plafon : limit kredit yang diberikan
  • Angsuran per Bulan : nominal yang harus dibayarkan nasabah setiap bulannya
  • (sudah terisi data dari yang diinput di langkah nomor 10)
  • Jumlah pencairan Awal : jumlah uang yang dicairkan ke rekening nasabah
  • Denda harian : diisi denda dalam (%)
  • Penalti pelunasan awal : diisi penalti dalam (%)
  • Tanggal pencairan Awal : tanggal saat pencairan dilakukan ke nasabah pertama kali. Contoh : 1 Agustus 2024
  • Tanggal Statement Pertama : diisi dengan tanggal nasabah harus melakukan pembayaran cicilan pertama kali. Contoh : 1 September 2024
  • Tanggal Pembuatan Statement : diisi dengan tanggal saat setiap statement akan diterbitkan setiap bulannya. Contoh : 1
  • Tanggal Jatuh Tempo : diisi dengan tanggal jatuh tempo. apabila nasabah melakukan pembayaran melewati tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan denda. Contoh : 1
  • Biaya tambahan : Provisi, Admin, Notaris, Asuransi Jiwa, Asuransi FLEXAS, Other Fee, Materai, Transfer Fee

gambar 17. Klik "Simpan" setelah mengisi detail pinjaman

gambar 18. Ubah status menjadi "Dicairkan"

15. Pada status "Dicairkan", proses pencairan telah selesai.

gambar 19. Status "Dicairkan"